Cari Dalam Alkitab

Ketik kata atau ayat:
 
Alkitab   Bahan

Wednesday, October 14, 2009

Roh Yang Dipenuhi Untuk Melayani Allah

Janganlah hendaknya kerajinanmu kendor,

biarlah rohmu menyala-nyala dan layanilah Tuhan.

Roman 12:11



Memikul Salib Berarti Melayani Tuhan Tanpa Merasa Lelah



  • Roh Manusia Adalah Pusat Kehidupan Manusia Itu Sendiri
    Manusia adalah pribadi yang utuh yang terdiri dari tubuh, jiwa, dan roh. Roh manusia adalah bagian yang terdalam atau pusat dari kehidupan manusia itu sendiri. Meskipun tidak terlihat, namun Alkitab berkata: Siapa gerangan di antara manusia yang tahu, apa yang terdapat di dalam diri manusia selain roh manusia sendiri yang ada di dalam dia? Roh tidak dapat berdusta dan dapat mengetahui rahasia-rahasia dalam diri kita. Allah telah merancang manusia begitu sempurna, sehingga roh merupakan bagian dalam diri manusia yang bekerja sebagai monitor Allah yang sangat efektif. Allah yang Mahahadir dapat dengan mudah mengenal setiap orang melalui roh yang ada di dalam dirinya, sebab Roh manusia adalah pelita TUHAN, yang menyelidiki seluruh lubuk hatinya. Pikiran kita bisa berdalih, perasaan kita bisa bermain, keinginan kita bisa disembunyikan, dan penampilan tubuh kita mampu bersandiwara, tetapi roh kita tidaklah demikian!

    • Roh Manusia Adalah Pertanda Kehidupan Allah Dalam Diri Manusia
      Istilah x;Wr (baca: ruwach) dalam bahasa Ibrani berarti angin, nafas, roh. Ketika manusia pertama diciptakan, Allah ... menghembuskan nafas hidup ke dalam hidungnya; demikianlah manusia itu menjadi makhluk yang hidup. Elihu berkata kepada Ayub: Roh Allah telah membuat aku, dan nafas Yang Mahakuasa membuat aku hidup. Tanpa nafas Allah, manusia tidak memiliki kehidupan yang sesungguhnya.

      Dalam Perjanjian Baru, kata pneu/ma
      (baca: pneuma {pnyoo'-mah}) memiliki padanan arti dengan ruwach (Ibrani). Alkitab TB kadang-kadang menterjemahkan dengan nyawa. Ketika Yesus di atas kayu salib, ada dua kalimat yang berhubungan dengan roh: (1) Kira-kira jam tiga berserulah Yesus dengan suara nyaring: "Eli, Eli, lama sabakhtani?" Artinya: Allah-Ku, Allah-Ku, mengapa Engkau meninggalkan Aku? dan (2) ketika Yesus berseru: ..."Ya Bapa, ke dalam tangan-Mu Kuserahkan nyawa-Ku." Artinya adalah bahwa pada waktu manusia itu mati, ia terpisah dengan Allah, ia tidak memiliki kehidupan Allah dalam dirinya.


      Roh manusia adalah bagian yang kekal dalam diri manusia itu sesudah kematian, apakah di sorga atau dalam neraka.

      • Roh Manusia Tidak Berfungsi Ketika Dosa Masuk Ke Dalam Dunia
        Alkitab berkata, Kamu dahulu sudah mati karena pelanggaran-pelanggaran dan dosa-dosamu. Ketika manusia melanggar perintah Tuhan yang menciptakan mereka, maka firman Allah terlaksana: tetapi pohon pengetahuan tentang yang baik dan yang jahat itu, janganlah kaumakan buahnya, sebab pada hari engkau memakannya, pastilah engkau mati. Kematian roh manusia terjadi pada saat dosa memasuki hidup mereka, dan kematian jasmani akan segera menyusul. Roh manusia tidak berfungsi ketika dosa masuk ke dalam dunia. Kehidupan dalam roh manusia ada karena Roh Allah ada bersama-sama dengannya. Tetapi dosa telah membuat Roh Allah meninggalkan manusia, meskipun secara jasmani manusia itu belum mati. Pemazmur sangat menyadari hal ini: Janganlah membuang aku dari hadapan-Mu, dan janganlah mengambil roh-Mu yang kudus dari padaku!

        • Roh Manusia Kembali Hidup Ketika Roh Allah Kembali Tinggal Di Dalamnya
          Karena semua orang telah berbuat dosa, maka roh semua orang juga telah mati. Tetapi kasih karunia Allah menyebabkan manusia diberi kesempatan untuk mendapat kehidupan yang baru. Akan tetapi Allah menunjukkan kasih-Nya kepada kita, oleh karena Kristus telah mati untuk kita, ketika kita masih berdosa. Kematian Kristus menggantikan kematian kita yang menerima-Nya. Itu sebabnya kita beroleh hidup yang baru. Kehidupan yang baru yang dimaksud adalah kehidupan kekal: "supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya beroleh hidup yang kekal." Dengan demikian, setiap orang yang menerima Kristus menjadi milik Kristus, dan milik Kristus layak mendapat Roh Allah. Tetapi kamu tidak hidup dalam daging, melainkan dalam Roh, jika memang Roh Allah diam di dalam kamu. Tetapi jika orang tidak memiliki Roh Kristus, ia bukan milik Kristus.
          Rohlah yang memberi hidup, daging sama sekali tidak berguna. Perkataan-perkataan yang Kukatakan kepadamu adalah roh dan hidup. Roh manusia dihidupkan melalui penerimaan firman, yaitu Injil kebenaran dalam Kristus.


          Setelah Yesus kembali ke surga, Ia berjanji akan mengirim Roh Kudus yang akan tinggal diam dalam diri murid-murid-Nya. Kehadiran Roh Allah diri orang percaya menjadi jaminan keselamatan untuk selama-lamanya. Jika manusia itu tidak menerima Yesus selagi ia hidup di bumi, maka ia tidak pernah mendapat kesempatan untuk berhubungan dengan Allah kembali melainkan akan masuk dalam neraka, sesudah kematian jasmani. Itu sebabnya Alkitab berkata bahwa ada dua kali kematian: Lalu maut dan kerajaan maut itu dilemparkanlah ke dalam lautan api. Itulah kematian yang kedua: lautan api. Hal ini tidak berarti ada tiga kali kematian setelah dosa: kematian rohani, kematian jasmani, lalu kematian dalam neraka. Tidak demikian! Maksudnya adalah kematian roh menjadi selama-lamanya sesudah kematian jasmani, jika tidak menerima Yesus Kristus. Itulah sebabnya Allah memerintahkan kita untuk memberitakan Injil kepada semua orang, sebab Allah tidak menginginkan satu orangpun akan binasa.

          • Hanya Oleh Roh, Manusia Dapat Melayani Allah
            Allah itu Roh dan barangsiapa menyembah Dia, harus menyembah-Nya dalam roh dan kebenaran. Karena itu manusia hanya dapat berhubungan dengan Allah jika rohnya telah dihidupkan. Tetapi sekarang kita telah dibebaskan dari hukum Taurat, sebab kita telah mati bagi dia, yang mengurung kita, sehingga kita sekarang melayani dalam keadaan baru menurut Roh dan bukan dalam keadaan lama menurut huruf hukum Taurat. Tubuh dan jiwa kita turut melayani Tuhan, hanya jika roh kita telah dihidupkan oleh Roh Allah yang berdiam di dalam kita. Jangan melayani Allah dengan memulainya dari kekuatan fisik dan jiwa Saudara, tetapi layanilah Tuhan dengan cara menerima Roh Allah, sehingga roh Saudara dihidupkan kembali. Dengan cara itulah, Saudara dapat berhubungan secara pribadi dengan Allah dan mampu melayani-Nya.

            • Roh Penurut, Daging Lemah
              Meskipun demikian, kita masih tinggal dalam tubuh yang belum sepenuhnya bebas dari kelemahan. Diperlukan waktu untuk mencapai kehidupan yang lebih dewasa atau semakin sempurna. Berjaga-jagalah dan berdoalah, supaya kamu jangan jatuh ke dalam pencobaan: roh memang penurut, tetapi daging lemah. Meskipun roh Saudara sudah dihidupkan kembali, tidak otomatis Saudara menjadi orang yang dewasa penuh di dalam Allah, karena hidup Saudara seutuhnya terdiri dari roh, jiwa, dan tubuh. Dosa, kematian, neraka, tidak berkuasa dalam diri Saudara lagi, tetapi itu tidak berarti dosa tidak dapat menghambat pertumbuhan rohani Saudara di dalam Allah. Anda masih bisa berbuat dosa, meskipun oleh dosa itu tidak menyebabkan Allah melempar Saudara ke dalam neraka. Semua kejahatan adalah dosa, tetapi ada dosa yang tidak mendatangkan maut.

              Oleh sebab itu, Saudara perlu berjuang untuk menyangkal diri dan memikul salib. Hidup Saudara perlu dipenuhi oleh Roh Allah: Dan janganlah kamu mabuk oleh anggur, karena anggur menimbulkan hawa nafsu, tetapi hendaklah kamu penuh dengan Roh, Demikian juga, Saudara perlu berjuang untuk terlibat dalam pelayanan menurut karunia Allah kepadamu. Janganlah hendaknya kerajinanmu kendor, biarlah rohmu menyala-nyala dan layanilah Tuhan. Jika roh Saudara aktif sehingga Roh Allah bekerja dengan leluasa dalam diri Saudara, Saudara tidak akan mengalami kelelahan, kebosanan, atau keputusasaan dalam pelayanan. Janganlah padamkan Roh, tetapi beri kesempatan kepada-Nya untuk berkarya dalam diri Saudara, sehingga pekerjaan-pekerjaan Allah yang besar akan menjadi nyata. Dan janganlah kamu mendukakan Roh Kudus Allah, yang telah memeteraikan kamu menjelang hari penyelamatan. Kepekaan yang tinggi akan keinginan Allah menjadi milik Saudara ketika roh Saudara bekerja aktif bersama Roh Allah.


              Kesimpulan:

                  Ada 6 Kebenaran Yang Perlu Saya Tahu Sehubungan Dengan Roh Manusia

              1. Roh Manusia Adalah Pusat Kehidupan Manusia Itu Sendiri
              2. Roh Manusia Adalah Pertanda Kehidupan Allah Dalam Diri Manusia
              3. Roh Manusia Tidak Berfungsi Ketika Dosa Masuk Ke Dalam Dunia
              4. Roh Manusia Kembali Hidup Ketika Roh Allah Kembali Tinggal Di Dalamnya
              5. Hanya Oleh Roh, Manusia Dapat Melayani Allah
              6. Roh Penurut, Daging Lemah


              Jawablah Pertanyaan Berikut Ini Sebagai Ujian Bagi Saudara, Apakah Saudara Sudah Mahami Peranan Roh Yang Dihidupkan!

              • Melalui apakah Allah mengetahui dengan mudah kehidupan seseorang?
                • Apakah akibat secara langsung dalam manusia pertama ketika mereka melanggar firman Tuhan?
                  • Kapan Saudara pertama kali terima Yesus? Apakah Saudara memiki kayakinan yang pasti bahwa Roh Allah tidak akan pernah meninggalkanmu lagi? Bagikanlah pengalaman Saudara sehubungan dengan kehadiran Roh Allah dalam diri Saudara?
                    • Ceritakanlah pengalaman Saudara yang membuat Anda selama ini berat dan sulit melayani Allah
                      • Diskusikan hal-hal apa yang anda dan SG-12 anda harus lakukan tanpa berhenti dalam UCC!

                        No comments:

                        Post a Comment

                        Post a Comment